Rabu, 26 Oktober 2011

KEWIRAUSAHAAN

Halo readers..sudah lama tidak menulis di blog ini, rindu juga untuk memberikan informasi-informasi yang baru buat kalian J. Saat ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang kewirausahaan. Berikut ini adalah definisi wirausaha menurut beberapa sumber.

Wirausaha adalah orang yang mengambil resiko dengan jalan membeli barang sekarang dan menjual kemudian dengan harga yang tidak pasti (Cantillon).

Wirausaha adalah orang yang memindahkan sumber-sumber ekonomi dari daerah dengan produktivitas rendah ke daerah dengan produktivitas dan hasil lebih tinggi (J.B Say).

Wirausaha adalah orang yang menciptakan cara baru dalam mengorganisasikan proses produksi (Schumpeter).

Menurut saya pribadi, wirausaha adalah orang yang mampu mengidentifikasi masalah dan mengambil resiko untuk menghasilkan cara baru dan berbeda dari yang sudah ada, dan mampu menciptakan sistem ekonomi yang bebas dengan caranya sendiri.

Dengan berwirausaha banyak sekali kepuasan yang dapat dirasakan oleh sang wirausahawan. Kepuasan karena mendapatkan keuntungan dari usaha yang dilakukan dengan caranya sendiri. Kepuasan dalam menjalani hidup karena telah mampu membiayai kehidupannya dengan caranya sendiri. Kepuasan akan kebebasan berinovasi atas usaha yang telah dibuatnya, dan kepuasan-kepuasan lainnya.

Ada kepuasan, ada juga kerugian atau kekurangan yang akan dihadapi dalam berwirausaha. Setiap usaha yang dijalani tidak akan selamanya sukses, ada kalanya usaha yang kita buat gagal atau bangkrut. Selain itu tekanan emosional yang harus dihadapi pada saat berwirausaha juga cukup keras. Namun, apapun itu semuanya akan dapat dihadapi jika kita sebagai wirausahawan mau bekerja keras dan memiliki komitmen akan pekerjaan atau usaha yang kita lakukan. Jadi, kita tidak perlu takut untuk mencoba berwirausaha, Tuhan tidak akan membiarkan umatnya yang sudah berusaha, bekerja dan berdoa terjatuh (merugi). J

Menurut pendapat M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer, (1993), seseorang akan dapat melakukan kewirausahaan jika dirinya memili karakteristik-karakteristik berikut ini:

1. Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya.

2. Lebih memilih risiko yang moderat.

3. Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil

4. Selalu menghendaki umpan balik yang segera

5. Berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan

6. Memiliki semangat kerja dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.

7. Memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan

nilai tambah

8. Selalu menilai prestasi dengan uang.

Sedangkan, David McCleland mengindikasikan ada korelasi positif antara tingkah laku orang yang memiliki motif prestasi tinggi dengan tingkah laku wirausaha. Karakteristik orang-orang yang mempunyai motif prestasi tinggi adalah:

1. Memilih resiko “moderate” Dalam tindakannya dia memilih melakukan sesuatu yang ada tantangannya, namun dengan cukup kemungkinan untuk berhasil.

2. Mengambil tanggung jawab pribadi atas perbuatan-perbuatan. Artinya kecil sekali kecenderungan untuk mencari “kambing hitam” atas kegagalan atau kesalahan yang dilakukannya.

3. Mencari umpan balik (feed back) tentang perbuatan-perbuatannya.

4. Berusaha melakukan sesuatu dengan cara-cara baru.

Sedangkan untuk karakteristik pribadi wirausaha (personal entrepreneurial characteristics) yang disebutkan oleh Management Systems International sebagai berikut:

1. Mencari peluang

2. Keuletan

3. Tanggungjawab terhadap pekerjaan

4. Tuntutan atas kualitas dan efisiensi

5. Pengambilan resiko

6. Menetapkan sasaran

7. Mencari informasi

8. Perencanaan yang sistematis dan pengawasannya

9. Persuasi dan jejaring/koneksi

10. Percaya diri

Kewirausahaan juga banyak memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Antara lain, membuka pikiran orang-orang sekitarnya bahwa kita mampu melakukan hal-hal yang baru dan berbuah positif. Selain itu, menbuat oraang-orang sekitar kita terketuk hatinya untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan berusaha.








Sumber:

http://entrepreneur.gunadarma.ac.id/e-learning/attachments/039_Kewirausahaan.pdf

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=kewirausahaan&source=web&cd=31&ved=0CCgQFjAAOB4&url=http%3A%2F%2Fahim.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F7311%2FKewirausahaan.doc&ei=MT6oTtH8Ms6srAec6eDnDQ&usg=AFQjCNHNFCxRzHrJxNE4AZf-NIhoRuYaaw&sig2=hLpZ4heNGKPgRJeTvUr8rQ&cad=rja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar