Kamis, 27 Oktober 2011

Hasil Reportase Wirausaha (pedagang nasi goreng keliling)

Kewirausahaan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sudah tentu dengan kondisi keuangan yang seminim mungkin, juga tetap masih bisa dilakukan kewirausahaan. Aseng, adalah seorang pedagang nasi goreng keliling yang telah saya wawancarai pada hari selasa, 18 Oktober 2011. Aseng adalah pedagang nasi goreng keliling yang pada awal karirnya mendorong gerobak nasi goreng keliling sangat malu sekali, ucapnya.

Berikut ini sedikit perbincangan saya dengan Aseng sang pedagang nasi goreng:

Saya : “Bang, udah berapa lama dagang nasi goreng?”

Aseng: “Saya dagang nasi goreng dari umur 24 tahun, sekarang umur saya udah 33 tahun, udah berapa tahun tuuh kira-kira?”

Saya : “9 tahun, lama juga ya bang… ko bisa jadi pedagang nasi goreng si bang? Kan masih banyak kerjaan lain tuh diluar sana”

Aseng: “Awalnya saya kuli bangunan, tapi gak kuat sama capeknya udah gitu bayarannya kecil banget, yaudah saya pindah kerjaan deh jadi pedagang nasi goreng. Awalnya si ikut sama temen dagangnya, tapi karena udah ngerti sama bumbu-bumbunya yaudah saya coba bikin sendiri sanpe sekarang udah begini”

Saya : “Wah, modal berani ya bang sama sedikit pengalaman..Terus kalo dagang, dari jam berapa sampe jam berapa bang?”

Aseng : “Saya dagang dari jam 7 malem sampe jam 2 subuh, tapi kadang-kadang jam 12 juga udah balik, kasian saya sama anak istri dirumah, gak tega ninggalin lama-lama”

Saya : “Ooh, udah punya istri sama anak yaa bang…?”

Aseng : “Udah, anak satu istri juga baru satu” (sambil tersenyum)

Saya : “Istri baru satu? Emangnya mau nambah lagi bang?” (sambil tertawa :D )

Aseng : “Yoo enggaklah, becanda” (sambil kembali menghisap rokoknya)

Kebetulan ada yang membeli nasi goreng bang Aseng, makanya dia melayani dan langsung membuatkan nasi goreng pelanggannya itu, jadi perbincangan kami ditunda sebentar. Sambil menunggu bang Aseng membuat nasi goreng, dari tadi saya menyebut-nyebut nama bang aseng tapi kalian tidak tau kan bang aseng itu seperti apa readers? Hhehehe…

Ini dia penampakan bang Aseng sang pedagang nasi goreng keliling




Sedikit profil bang Aseng:

Nama : Abdul Syarif (dipanggil Aseng)

Jenis Kelamin : Laki-laki

Umur : 33 tahun

Berat badan : Kurang lebih 58 Kg

Tinggi badan : 168 cm

Status : Menikah

Alamat : Beji, Depok

Lokasi berdagang : Sepanjang margonda, kober, kapuk, Depok

Itu dia sedikit profil tentang bang Aseng, karena ida sudah selesai membuat nasi goreng untuk pelanggannya maka perbincangan kami lanjutkan kembali.

Saya : “Bang, selama jadi tukang nasi goreng suka dukanya apa aja sih bang?

Aseng : “Banyak, kalo lagi banyak yang beli untung saya jadi banyak kan. Tapi kalo sepi, ya untungnya sedikit, malah pernah rugi. Waktu itu saya dipalakin sama preman Beji sana, mesen banyak tapi gak ada yang dibayar satupun, malah duit saya diambil mereka, mau ngelawan saya cuma sendiri” (kembali menyalakan rokoknya)

Saya : “wah, serem juga ya bang, terus enggak kapok bang dagang nasi goreng lagi?”

Aseng : “yaa enggaklah, itu udah resiko, setiap pekerjaan ka nada resikonya kalo saya berhenti mau dapet duit dari mana lagi saya”

Saya : “betul tuuh mas, emang haru begitu dalam berwirausaha, gak boleh pantang menyerah dan harus percaya diri kalau kita bisa”

Aseng : “iya pastilah”

Saya : “kalo boleh tau, sehari untungnya dagang nasi goreng ini berapa bang?”

Aseng : “kalo rame untung bersihny bisa sampe 100ribuan, tapi kalo sepi yaa gak tentu”

Tiba-tiba handphone bang Aseng berbunyi, dan dia segera menjawabnya. Ternyata dari pelanggannya anak kostan di gang kapuk, dia menanyakan posisi bang aseng, ternyata bang aseng sudah memiliki pelanggan setia loh readers….!!hahaha..

Baiklah, dengan demikian maka saya harus mengakhiri perbincangan dan bang Aseng, karena dia juga langsung bersiap-siap untuk pergi ke tempat pelanggannya itu. Setelah saya mengucapkan terimakasih, dia langsung bergegas pergi dan tidak lupa menghisap rokoknya…

Buat readers yang merokok, ayoo dikurangin klo bisa di stop rokoknya. Mari sayangi jantung kita..!! (melenceng banget pesennya ya..hehe) :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar