Minggu, 07 Maret 2010

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP INDONESIA


Pengertian GLOBALISASI Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya mayarakat.

Seperti yang kita ketahui, dewasa ini globalisasi sangat memberikan dampak bagi Indonesia. Hal yang paling menonjol dari dampak globalisasi adalah ekonomi dan budaya. Salah satu Negara yang memberikan dampak terbesar bagi Indonesia adalah Amerika. Tidak hanya Indonesia yang menjadi korban dampak globalisasi Amerika, namun sebagian besar Negara di Dunia juga ikut merasakannya.

Pada aspek ekonomi, globalisasi kini sangat mempengaruhi sekali perekonomian di Indonesia. Misalkan dolar, pada saat dolar naik maka rupiah akan jatuh begitupun sebaliknya. Pada aspek budaya, kita bisa melihat dari budaya anak muda zaman sekarang yang semakin kebarat-baratan (western). Hal ini sangat menjelaskan sekali bahwa Indonesia telah terkena dampak globalisasi. Dalam hal ini siapa yang salah, sebenarnya tidak ada. Globalisasi juga memberikan dampak positif bagi Indonesia, dimana Indonesia jadi tidak ketinggalan zaman, karena bisa mengikuti perkembangan dunia yang semakin maju. Jadi, tidak selanya globalisasi membawea dampak negatif, namun juga membawa dampak positif bagi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar