Jumat, 12 Februari 2010

Mengapa Saya Bangga Menjadi Orang Indonesia?

Pertanyaan seperti ini mungkin jika dilayangkan kepada anak muda zaman sekarang, pasti sebagian besar akan menjawab “tidak”. Mengapa bisa ditarik kesimpulan demikan, karena sebagian besar anak muda sekarang sudah terbuai dengan alunan gaya ala western atau kebarat-baratan yang berarti mereka sudah merasa bahwa Indonesia adalah Negara yang ketinggalan zaman.

Tetapi bukan itulah yang mau ditekankan pada artikel ini, melainkan saya sebagai anak muda Indonesia sangat bangga sekali bisa lahir, tinggal dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mengapa saya dapat berkata demikian, karena saya merasa saat ini saya tinggal di sebuah Negara yang sangat luar biasa. Sejak dulu, Indonesia sudah terkenal dengan negara maritim, negara hukum, negara khatulistiwa, dan banyak istilah lainnya yang menggambarkan ketangguhan, kebiasaan, atau kondisi geografis dari Indonesia sendiri. Tetapi sesungguhnya Indonesia adalah Negara yang sangat kaya. Kaya akan Sumber Daya Alam, kaya akan seni dan budaya, kaya akan keindahan alamnya, kaya akan bahasa dan masih banyak lagi kekayaan yang terdapat di Indonesia. Sebagai pembuktian bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang lebih dibandingkan Negara lainnya, saya akan memberikan contoh kecilnya. Jika contoh tentang Sumber Daya Alam, Seni dan Budaya, dan Keindahan Alam mungkin kita sudah bisa memperkirakannya secara jelas bahwa Indonesia lebih unggul, untuk itu saya akan memberikan contoh tentang banyaknya bahasa yang terdapat di Indonesia dibandingkan dengan Negara tetangga. Menurut harian kompas pada Rabu, 27 Mei 2009, Indonesia diyakini memiliki 746 bahasa di seluruh wilayah tanah air. Sekitar 442 bahasa yang sudah dipetakan oleh Pusat Bahasa Depdiknas saja, berasal dari 2185 daerah. Perbandingan dengan Malaysia dan Filipina, Indonesia jauh mengungguli. Sebanyak 147 jenis bahasa sudah ditemukan dan terpetakan di Filipina, sementara Malaysia ditemukan sekitar 113 jenis bahasa. Terbukti bukan, bahwa Indonesia memang layak untuk disebut Negara yang Kaya.

Untuk itulah saya selaku anak muda sangat bangga sekali tinggal di Negara ini dan menjadi warga negaranya. Walaupun terkadang memang saya juga ikut bergaya ala budaya barat, bukan berarti saya tidak bangga menjadi warga Negara Indonesia. Karena dalam suatu waktu saya juga bisa bergaya ala Indonesia sendiri, misalnya dalam suatu acara resmi saya menggunakan baju batik yang asli milik Indonesia dan seluruh dunia juga mengakui bahwa batik adalah milik Bangsa Indonesia.

Dengan adanya artikel ini semoga semua warga Negara Indonesia bisa semakin cinta terhadap Indonesia, khususnya anak muda yang nantinya akan menjadi penerus Republik Indonesia. Karena sebuah negara tidak akan bertahan dan berkembang jika para penerusnya yang akan menjadi pemimpin nantinya tidak memiliki rasa cinta terhadap negaranya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar